MENGENALI KEPRIBADIAN MENGGUNAKAN MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI)

Mengenal Carl Gustav Jung

Carl Gustav Jung dilahirkan pada tanggal 26 Juli 1875 di Kesswyl (Switzerland) dan wafat pada tanggal 6 Juni 1961 di Kusnacht (Switzerland). Dimasa kanak-kanak Jung sudah sangat terkesan dengan mimpi, visi supernatural, dan fantasi.  Ia menyakini bahwa dirinya memiliki informasi rahasia tentang masa depan dan berfantasi bahwa dirinya merupakan dua orang yang berbeda. 

Jung lulus dari fakultas kedokteran di University of Basel dengan spesialisasi di bidang psikiatri pada tahun 1900. Pada tahun yang sama ia bekerja sebagai assistant di rumah sakit jiwa Zurich yang membuatnya tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang kehidupan para pasien schizophrenic yang akhirnya membawa Jung melakukan kontak dengan Freud.

Setelah membaca tulisan Freud yang berjudul Interpretation of Dreams, Jung mulai melakukan korespondensi dengan Freud.  Akhirnya mereka bertemu di rumah Freud di Vienna tahun 1907. Dalam pertemuan tersebut Freud begitu terkesan dengan kemampuan intelektual Jung dan percaya bahwa Jung dapat menjadi juru bicara bagi kepentingan psikoanalisa karena ia bukan orang Yahudi. Jung juga dianggap sebagai orang yang patut menjadi penerus Freud dan berkat dukungan Freud Jung kemudian terpilih sebagai presiden pertama International Psychoanalytic Association pada tahun 1910. Namun pada tahun 1913, hubungan Jung dan Freud menjadi retak. Tahun berikutnya, Jung mengundurkan diri sebagai presiden dan bahkan keluar dari keanggotaan assosiasi tersebut. Sejak saat itu Jung dan Freud tidak pernah saling bertemu

Mengenal Teori Jung

Tujuan dari MBTI ini adalah membuat teori tipe kepribadian C.G Jung (1921-1971) lebih mudah dimengerti dan digunakan untuk kehidupan orang banyak. MBTI ini berdasarkan pemikiran Jung mengenai persepsi, judgment dan sikap yang digunakan oleh setiap tipe yang berbeda dari individu. Persepsi adalah kemampuan psikologis individu untuk sadar pada hal-hal, orang-orang dan ide-ide. Judgment melibatkan berbagai cara untuk menyimpulkan apa yang telah dipersepsikan individu tersebut. Kalau orang berbeda satu sama lain ketika mempersepsikan sesuatu juga ketika melakukan judgment, maka perbedaan ini juga mempengaruhi minat, ketrampilan, nilai-nilai serta reaksi mereka.

MBTI digunakan untuk mengidentifikasi, dari laporan diri seseorang, untuk mengenali reaksinya dengan mudah juga menjadi preferensi dasar dari orang-orang tentang persepsi dan judgmentnya.

MBTI berbeda dengan instrumen mengenali tipe kepribadian lain dalam hal:
Dirancang untuk mengimplementasikan teori; jadi teori (Jung) harus dimengerti untuk memahami MBTI.

Berdasarkan teori, ada dinamika hubungan yang khusus antar skala, yang kemudian akan mengantar penjelasan tentan 16 tipe karakteristik.
Deskripsi tipe-tipe ini dan teorinya sebenarnya dapat dijelaskan dalam kerangka perkembangan manusia seumur hidupnya.
Skala ini memperhatikan fungsi dasar manusia yaitu persepsi dan judgment yang selalu ada di perilaku manusia, sehingga sangat bermanfaat untuk digunakan dalam hidup sehari-hari.

Kegunaan MBTI

1.  Dunia Pendidikan
  1. Untuk mengembangkan berbagai metode belajar mengajar di kelas yang sesuai dengan tipe-tipe berbeda ini.
  2. Untuk memahami perbedaan tipe-tipe ini dalam motivasi belajar. Dalam membaca, dalam kemampuan potensi akademik, dalam pencapaian yang membantu siswa untuk memahami dirinya ketika belajar.
  3. Untuk menganalisis kurikulum, materi belajar, dan media belajar di sekolah.
  4. Untuk membantu menyediakan kegiatan extrakurikuler yang mengembangkan minat siswa yang berbeda-beda.
  5. Untuk membantu guru, kepala sekolah dan administrator di sekolah dalam bekerjasama sebagai sebuah tim.


2.  Konseling
  1. Untuk membantu individu dalam menemukan arahan dalam hidup mereka dengan memahami kekuatan dan talenta setiap tipe.
  2. Untuk membantu individu menangani masalahnya dengan menunjukkan pada mereka bahwa masalah bisa menjadi sarana untuk mengembangkan kekuatan potensial mereka dan kemampuan mempersepsikan serta memberikan judgment sehingga lebih bermanfaat bagi hidup mereka.
  3. Untuk membantu pasangan dan keluarga belajar menghargai pasangan hidup dengan kemiripan dan perbedaan diantara mereka.
  4. Untuk membantu orang tua menerima anak-anak mereka sebagaimana adanya mereka (tipe anak berbeda dengan orang tuanya, selain berbeda diantara kakak beradik).
  5. Untuk membantu anak-anak mengikuti keunikannya sehingga bisa lebih berhasil dalam mencapai tujuan serta impian hidupnya.

3.  Pengembangan Karir
  1. Untuk membimbing individu dalam memilih jurusan, bidang pekerjaan dan jenis pekerjaan yang cocok.
  2. Untuk melihat adanya kesempatan yang diberikan oleh bidang karir seseorang yang berbeda dalam tuntutan kemampuan serta preferensi persepsi dan judgmentnya.
  3. Untuk membantu penempatan dan arah karir yang sesuai dengan tipe kepribadian orang tersebut.

Terdapat 16 tipe kepribadian, masing-masing termasuk salah satu dari 4 temperamen, yang diteliti oleh David Keirsey.

Temperamen 1: Protectors (SJ)
  • ESTJ – Overseer
  • ESFJ – Supporter
  • ISTJ – Examiner
  • ISFJ – Defender

Temperamen 2: Creators (SP)
  • ESTP – Persuader
  • ESFP – Entertainer
  • ISTP – Craftsman
  • ISFP – Artist

Temperamen 3: Intellectuals (NT)
  • ENTJ – Chief
  • ENTP – Originator
  • INTJ – Strategist
  • INTP – Engineer

Temperamen 4: Visionaries (NF)
  • ENFJ – Mentor
  • ENFP – Advocate
  • INFJ – Confidant
  • INFP – Dreamer

1. Extraverted (E)
Extravert adalah kecenderungan untuk berfokus pada dunia di luar diri. Orang-orang extraverts menikmati interaksi sosial dan cenderung antusias, verbal, tegas, dan animasi. Mereka menikmati pertemuan-pertemuan sosial yang besar, seperti pesta dan segala macam aktivitas kelompok. Orang-orang extraverts cenderung untuk menikmati waktu yang dihabiskan dengan orang-orang dan mendapat energi dari interaksi social, cCiri-ciri Orang Extravert adalah:
  1. Suka berteman
  2. Asertif
  3. Cerewet
  4. Sosial / keluar
  5. Suka berkelompok, pesta, dll
  6. Mendapat energi dari interaksi
  7. Ekspresif & antusias
  8. Sukarelawan informasi pribadi
  9. Perhatiannya mudah dialihkan
  10. Mempunyai banyak teman


2. Introvert (I)
Introvert adalah kecenderungan untuk berfokus pada dunia di dalam diri. Orang-orang introvert cenderung tenang, damai dan hati-hati dan tidak tertarik pada interaksi sosial. Mereka menyukai aktivitas yang bisa mereka lakukan sendiri atau dengan salah satu teman dekat yang lain, kegiatan seperti membaca, menulis, berpikir, dan menciptakan. Orang-orang introvert merasa kegiatan pertemuan sosial melelahkan.
Ciri-ciri Orang Introvert
adalah:
  1. Mendapat energi dari waktu menyendiri
  2. Menjaga privasi
  3. Tenang
  4. Bertindak dengan sengaja
  5. Sadar diri
  6. Lebih sedikit teman-teman
  7. Lebih menyukai kelompok kecil
  8. Independen
  9. Cenderung kurang bersosialisasi
  10. Suka kesendirian
  11. Berpikir sebelum berbicara
3. Sensing (S)
Sensing adalah bagaimana orang memproses data. Orang-orang Sensing berfokus pada masa kini, Orang-orang yang mementingkan situasi "di sini dan sekarang", faktual, dan memproses informasi melalui panca indra. Mereka melihat hal-hal sebagaimana adanya, mereka adalah pemikir konkret, Ciri-ciri Orang Sensing adalah:
  1. Konkret
  2. Realistis
  3. Hiidup di masa kini
  4. Sadar sekelilingnya
  5. Memperhatikan detil
  6. Praktis
  7. Mengutamakan indra
  8. Faktual

4. Intuisi (N)
Intuisi adalah bagaimana orang memproses data. Orang-orang intuitif berfokus pada masa depan dan kemungkinan2x. Mereka memproses informasi melalui pola dan tayangan. Mereka membaca yang tersirat, mereka adalah pemikir abstrak, Ciri-ciri Orang Intuitif adalah:
  1. Berfokus pada masa depan
  2. Melihat kemungkinan2x
  3. Inovatif
  4. Imajinatif
  5. Berpikir dalam
  6. Abstrak
  7. Idealis
  8. Rumit
  9. Teoritis

5. Thinking (T)
Thinking adalah bagaimana orang membuat keputusan. Orang-orang Thinking berpikir obyektif dan membuat keputusan berdasarkan fakta. Mereka dipimpin oleh otak, bukan hati mereka. Orang-orang Thinking menilai situasi dan orang lain berdasarkan logika, Ciri-ciri Orang Thinking adalah:
  1. Logis
  2. Obyektif
  3. Memutuskan dengan kepala
  4. Menginginkan kebenaran
  5. Rasional
  6. Tidak personal
  7. Kritis
  8. Tebal muka
  9. Tegas terhadap orang lain
  10. Didorong oleh pikiran

6. Feeling (F)
Feeling adalah bagaimana orang membuat keputusan. Orang-orang Feeling berpikir subyektif dan membuat keputusan berdasarkan prinsip-prinsip dan nilai-nilai. Mereka diperintah oleh hati/perasaan, bukan kepala/otak mereka. Orang-orang Feeling menilai situasi dan orang lain berdasarkan pada perasaan dan keadaan khusus.
Ciri-ciri Orang Feeling
adalah:
  1. Memutuskan dengan hati
  2. Tidak suka konflik
  3. Berbelas kasihan
  4. Didorong oleh emosi
  5. Lembut
  6. Mudah terluka
  7. Memiliki empati
  8. Peduli orang lain
  9. Hangat

7. Judging (J)
Judging adalah kecenderungan penampilan luar. Judging tidak berarti "menghakimi". Orang-orang Judging menyukai keteraturan, organisasi dan berpikir secara berurutan. Mereka lebih suka hal-hal terencana dan mantap. Orang-orang Judging mencari kesimpulan,
Ciri-ciri Orang Judging
adalah:
  1. Bisa memutuskan
  2. Terkendali
  3. Bagus dalam menyelesaikan sesuatu
  4. Teratur
  5. Terstruktur
  6. Terjadwal
  7. Cepat dalam menangani tugas
  8. Bertanggung jawab
  9. Menyukai kesimpulan
  10. Membuat rencana

8. Perceiving (P)
Perceiving adalah kecenderungan penampilan luar. Orang-orang Perceiving bersifat fleksibel, menyukai adanya banyak pilihan dan berpikir secara acak. Mereka suka bertindak secara spontan dan mudah beradaptasi. Orang-orang Perceiving suka hal-hal yang berakhir dengan pilihan bebas, ciri-ciri Orang Perceiving adalah:
  1. Bisa beradaptasi
  2. Rileks
  3. Terorganisir
  4. Bebas
  5. Spontan
  6. Suka berubah di tengah jalan
  7. Menyukai pilihan bebas
  8. Suka menunda-nunda
  9. Tidak suka rutinitas
  10. Fleksibel


ESTP
PENGINDERA YANG EKSTROVERT DENGAN PIKIRAN
(EXTRAVERTED SENSING WITH THINKING)
REALIS TULEN
(SUPREME REALIST)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:
  1. Menghadapi hidup secara realistik dan tak pribadi
  2. Bersahabat, realisme yang dapat beradaptasi
  3. Bersandar pada apa yang mereka lihat, dengar dan ketahui dari tangan pertama
  4. Menerima dengan baik dan menggunakan fakta di sekitar mereka
  5. Mencari solusi-solusi yang memuaskan
  6. Kemampuan beradaptasi
  7. Berpikiran terbuka dan toleransi
  8. Keterampilan pemecahan masalah
  9. Menggunakan aturan-aturan, sistem atau situasi saat ini sebagai penolong, bukan penghalang
  10. Keingintahuan terhadap orang, kegiatan, makanan, obyek atau pemandangan
  11. Membuat keputusan berdasarkan analisis logis pikiran bukan nilai-nilai perasaan pribadi
  12. Keuletan bila dituntut situasi
  13.  

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:
  1. Kemampuan untuk menggunakan indera untuk melihat kebutuhan saat ini
  2. Mengatasi orang dan konflik dengan terampil
  3. Dapat menyerap, menerapkan dan mengingat banyak sekali fakta
  4. Dapat menerapkan cita rasa artistik dan penilaian
  5. Dapat menerapkan realisme, tindakan dan kemampuan beradaptasi
  6. Kebebasan untuk melakukan berbagai kegiatan


Orang ini lebih seimbang bila mereka:
  1. Memiliki orang-orang pendukung yang intuitif di sekitar mereka
  2. Memiliki orang-orang yang berpikiran positif di sekitar mereka untuk menghindarkan mereka berfokus pada hal-hal negative
  3. Mengembangkan PIKIRAN mereka sehingga mereka dapat menggunakan prinsip-prinsip mereka untuk memberikan standar bagi perilaku, arah dan tujuan dalam hidup mereka
  4. Mengembangkan PENILAIAN dengan memadai untuk memberikan watak dan sikap ketekunan/kesetiaan
  5. Waktu-waktu ekstrovert diseimbangkan untuk menghindarkan dari sikap impulsive
 
Bidang karir yang cocok untuk seorang ESTP:
  1. Rekayasa/Teknik
  2. Polisi
  3. Investigasi Kredit
  4. Pemasaran
  5. Teknologi kesehatan
  6. Troubleshooting
  7. Jasa Makanan
  8. Rekreasi
  9. Produksi
  10. Konstruksi


ESFP
PENGINDERA YANG EKSTROVERT DENGAN PERASAAN
(EXTRAVERTED SENSING WITH FEELING)
REALIS TULEN
(SUPREME REALIST)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:
  1. Bersandar pada apa yang mereka lihat, dengar dan ketahui dari tangan pertama
  2. Menerima dan menggunakan fakta di sekitar mereka
  3. Mencari solusi-solusi yang memuaskan
  4. Kemampuan beradaptasi
  5. Berpikirang terbuka dan toleransi
  6. Keterampilan pemecahan masalah
  7. Menggunakan aturan-aturan, sistem atau situasi saat ini sebagai penolong, bukan penghalang
  8. Keingintahuan terhadap orang, kegiatan, makanan, obyek atau pemandangan
  9. Membuat keputusan berdasarkan nilai-nilai perasaan pribadi bukan analisis logis
  10. Tertarik pada orang, penuh akal dan simpatik

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:
  1. Kemampuan untuk menggunakan indera untuk melihat kebutuhan saat ini
  2. Mangatasi orang dan konflik dengan terampil
  3. Dapat menyerap, menerapkan dan mengingat banyak sekal fakta
  4. Dapat menerapkan cita rasa artistik dan penilaian
  5. Dapat menerapkan realisme, tindakan dan kemampuan beradaptasi
  6. Kebebasan untuk melakukan berbagai tindakan

Orang ini lebih seimbang bila:
  1. Lebih berdisiplin dengan orang-orang lain
  2. Gagasan abstrak dan teori dijelaskan kepada mereka dan diuji dalam pengalaman mereka
  3. Dapat melihat relevansi suatu gagasan atau teori
  4. PERASAAN mereka dikembangkan sehingga nilai-nilai mereka memberikan standar bagi perilaku mereka
  5. Penilaian dikembangkan untuk memberikan watak dan sikap ketekunan/kesetiaan
  6. Waktu-waktu ekstrovert diseimbangkan dengan waktu introvert

Bidang karir yang cocok untuk seorang ESFP:
  1. Jasa kesehatan
  2. Penjualan
  3. Disain
  4. Transportasi
  5. Entertainment
  6. Operasi mesin
  7. Troubleshooting (Mencari dan memecahkan kesulitan)
  8. Supervisi kelompok kerja
  9. Jasa makanan
  10. Sekretaris atau pekerjaan kantoran


ISTP
PEMIKIR YANG INTROVERT DENGAN INDERA
(INTROVERTED THINKING WITH SENSING)
SANGAT DAPAT DIANDALKAN
(SUPER DEPENDABLE)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:
  1. Logis, analitis dan kritis secara obyektif
  2. Kesenangan mengorganisir fakta dan data
  3. Keinginan tahu yang besar namun secara diam-diam
  4. Pemalu secara sosial kecuali bila salah satu prinsip penting dilanggar
  5. Mudah beradaptasi kecuali bila salah satu prinsip penting dilanggar
  6. Terampil dengan tangannya
  7. Menyukai olah raga dan kegiatan luar rumah (outdoor)
  8. Menyukai segala sesuatu yang memberikan banyak informasi bagi indera
  9. Tertarik pada bagaimana dan mengapa hal-hal bekerja
  10. Biasanya gampangan (easy-going), menyukai kesenangan (fun) dan mudah beradaptasi
  11. Kemampuan berorganisasi


Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:
  1. Kesempatan untuk memahami rahasia cara kerja hal-hal konkrit: mesin, peralatan, hukum, program computer
  2. Mencari solusi terhadap masalah-masalah saat ini

Orang ini akan seimbang bila mereka:
  1. Tidak mengharapkan orang-orang lain sama logis dan analitisnya seperti mereka
  2. Mengembangkan PERASAAN mereka
  3. Membagikan dunia batiniah tentang hal-hal detil dan informasi dengan orang-orang lain
  4. Mengijinkan beberapa perasaan atau emosi memiliki kepentingan, baik dari diri sendiri dan orang-orang lain
  5. Tidak menghabiskan terlalu banyak waktu ekstrovert karena hal itu menyebabkan mereka menjadi tidak konsisten dan tak dapat diandalkan, tak mampu mengikuti
  6. Tidak menghabiskan terlalu banyak waktu introvert karena hal itu menyebabkan mereka memiliki penilaian yang rapuh

Bidang karir yang cocok untuk seorang ISTP:
  1. Sains Terapan
  2. Teknisi mekanis
  3. Hukum
  4. Ekonomi
  5. Pemasaran
  6. Penjualan
  7. Statistik
  8. Keamanan


ISFP
PERASA YANG INTROVERT DENGAN INDERA
(INTROVERTED FEELING WITH SENSING)
PENCARI DAN PENJAGA NILAI MANUSIA
(SEEKER AND KEEPER OF HUMAN VALUES)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:
  1. Menilai hidup dengan impian ideal batiniah dan nilai-nilai pribadi mereka
  2. Bekerja dengan cara khusus dengan orang-orang atau makhluk hidup lain
  3. Menjaga diri mereka sesuai standar yang tinggi
  4. Hewan dapat menjadi bagian penting dalam hidup mereka
  5. Setia kepada tugas, dapat diandalkan, akurat
  6. Toleran, berpikiran terbuka, fleksibel dan mampu beradaptasi
  7. Tampil tenang dan tegar dalam suatu krisis
  8. Mendalam, bekerja keras, stabil
  9. Ketekunan yang menstabilkan
  10. Menikmati saat-saat sekarang, tidak terburu-buru beralih
  11. Ramah, simpatik, banyak akal dan terbeban dengan tulus
  12. Sedikit kerinduan untuk mengesankan atau mendominasi
  13. Perfeksionis bila mereka menyukai sesuatu secara mendalam


Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:
  1. Kemampuan untuk menikmati ciat rasa, diskriminasi dan makna keindahan dan proporsi
  2. Cinta yang khusus akan alam dan simpati terhadap hewan
  3. Kesempatan untuk bekerja dengan tangan mereka, cipta karya
  4. Pekerjaan yang berkontribusi terhadap sesuatu yang berarti bagi mereka
  5. Cara-cara praktis untuk mengekspresikan impian ideal mereka


Orang ini lebih seimbang bila mereka:
  1. Tidak menghabiskan waktu terlalu banyak dalam kegiatan ekstrovert karena hal itu menyebabkan mereka menjadi berserakan dan tak teratur
  2. Menggunakan persepsi mereka untuk memahami orang-orang lain
  3. Tidak menghabiskan waktu terlalu banyak sendirian karena hal itu menyebabakan mereka membuat penilaian yang tak realistik dan bernilai kaku

Bidang karir yang cocok untuk seorang ISFP:
  1. Dokter hewan
  2. Cipta karya dengan tangan
  3. Mengajar
  4. Penyedia jasa atau pemerhati pribadi
  5. Profesi kesehatan

ENTJ
PEMIKIR YANG EKSTROVERT DENGAN INTUISI
(EXTRAVERTED THINKING WITH INTUITION)
KOMANDAN DAN ORGANISATOR
(COMMANDANT AND ORGANIZER)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:
  1. Tindakan eksekutif dan perencanaan jangka panjang
  2. Bersifat logis, analitis, dan kritis secara obyektif
  3. Bersandar pada pemikiran
  4. Fokus pada gagasan, bukan orang di balik gagasan
  5. Berpikir lebih dulu, mengatur perencanaan, situasi, dan operasi yang berhubungan dengan suatu proyek
  6. Membuat usaha sistematis untuk mencapai sasaran mereka pada waktunya
  7. Kurang kesabaran terhadap situasi kebingungan atau ketidakefisienan
  8. Kepercayaan bahwa perilaku harus dikendalikan oleh logika
  9. Hidup dengan serangkaian aturan yang tertentu yang merangkum penilaian dasar mereka mengenai dunia
  10. Memandang apa yang tidak logis dan tidak konsisten


Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:
  1. Melihat kemungkinan-kemungkinan melampaui apa yang ada pada saat ini, yang kelihatan atau diketahui
  2. Kemampuan menggunakan minat-minat intelektual mereka, keingintahuan terhadap gagasan-gagasan baru, toleransi terhadap teori, dan cita rasa terhadap masalah-masalah kompleks
  3. Peluang menggunakan intuisi mereka
  4. Peluang-peluang pemecahan masalah, seperti pada posisi-posisi eksekutif


Orang ini lebih seimbang bila mereka:
  1. Memiliki orang-orang pendukung untuk memperhatikan hal-hal detil tertentu 
  2. Memiliki orang-orang pendukung di sekitar mereka dengan akal sehat untuk
  3. mengemukakan fakta-fakta yang luput dari perhatian
  4. Sepenuhnya menguji suatu situasi sebelum mengambil suatu keputusan
  5. Berhenti dan mendengarkan sudut pandang orang-orang lain
  6. Berusaha memperhatikan nilai-nilai PERASAAN
  7. Mengembangkan seni menghargai gagasan dan prestasi orang-orang lain
  8. Belajar mengemukakan apa yang mereka sukai, bukan sekedar apa yang perlu dikoreksi
  9. Memiliki lebih banyak waktu-waktu ekstrovert dibandingkan waktu-waktu introvert


Bidang karir yang cocok untuk seorang ENTJ:
  1. Posisi-posisi eksekutif
  2. Pekerjaan yang memungkinkan mereka merencankan gambaran besar


ENTP
INTUITIF YANG EKSTROVERT DENGAN PIKIRAN
(EXTRAVERTED INTUITITIVE WITH THINKING)
INOVATOR YANG ANTUSIAS
(ENTHUSIASTIC INNOVATOR)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:
  1. Mahir berurusan dengan teori dan hal-hal abstrak
  2. Mencari kemungkinan-kemungkinan dan cara-cara baru melakukan banyak hal
  3. Imajinasi dan inisiatif memulai proyek-proyek
  4. Perseptif terhadap sikap orang-orang lain
  5. Bertujuan untuk memahami daripada menghakimi orang
  6. Proyek yang berubah-ubah dan kesempatan-kesempatan baru demi kreativitas
  7. Kesempatan untuk mengembangkan dan mengilhami potensi dalam diri orang lain
  8. Membangkitkan semangat dan efektif dalam memotivasi orang lain
  9. Nakal dan mencintai kesenangan (fun)
  10. Membenci rutinitas yang tak memberi ilham


Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:
  1. Kebebasan untuk berinovasi dengan proyek-proyek baru
  2. Mengejar minat-minat mereka yang berubah-ubah
  3. Dapat memperoleh penghargaan atas kemampuan mereka
  4. Kebebasan dari kendali dan hal-hal detil
  5. Mengajar dan menasihati mengenai peluang-peluang


Orang ini membutuhkan orang-orang pendukung yang akan:
  1. Menolong mereka melaksanakan dan menyelesaikan proyek yang telah mereka mulai
  2. Dapat mengambil alih bilamana suatu proyek telah berjalan lancar sehingga mereka dapat mengejar minat-minat baru yang lain
  3. Memperhatikan hal-hal detil yang penting namun tak berhubungan dengan minat mereka yang utama


Orang ini lebih seimbang bila mereka:
  1. Mengembangkan penilaian mereka
  2. Belajar meneruskan dan menyelesaikan apa yang telah mereka mulai
  3. Menyeimbangkan waktu ekstrovert dan introvert mereka
  4. Mengembangkan dengan baik perasaan introvert mereka


Bidang karir yang cocok untuk seorang ENFJ:
  1. Inventor (penemu/pencipta)
  2. Ilmuwan
  3. Jurnalis
  4. Pemasaran
  5. Hampir semua yang sungguh-sungguh mereka minati
  6. Analis computer
  7. Promotor


INTJ
INTUITIF YANG INTROVERT DENGAN PIKIRAN
(INTROVERTED INTUITION WITH THINKING)
VISIONER DAN NABI
(VISIONARY AND PROPHET)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:
  1. Pikiran-pikiran dan juga tindakan-tindakan inovatif
  2. Mempercayai pemahaman intuitif mereka terhadap hubungan sejati dan makna dari ha-hal
  3. Iman terhadap visi batiniah mereka, cukup untuk memindahkan gunung
  4. Mandiri, kadang-kadang sampai pada titik keras kepala
  5. Nilai tinggi pada kompetensi, terhadap diri mereka sendiri atau orang lain
  6. Kerinduan untuk menghabiskan waktu dan berusaha untuk melihat inspirasi mereka dilaksanakan dalam praktek
  7. Mendorong orang lain hampir sekeras mereka mendorong diri sendiri


Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:
  1. Suatu kemampuan untuk menggunakan intuisi mereka
  2. Tidak ada pekerjaan rutin
  3. Membangkitkan kemungkinan-kemungkinan yang berjangkauan jauh
  4. Menggunakan logika untuk mengubah kemungkinan menhadi realita
  5. Menggunakan pemikiran konseptual dan analitis
  6. Menggunakan teori dan abstraksi mereka


Orang ini lebih seimbang bila mereka:
  1. Memiliki orang-orang lain di sekitar mereka yang dapat menolong dengan gambaran menyeluruh
  2. Membuat usaha untuk melihat nilai-nilai dan perasaan orang lain
  3. Tidak menekan nila-nilai pribadi mereka sendiri
  4. Mencari cara yang tepat untuk mengatasi tekanan
  5. Belajar menunjukkan penghargaan dalam pekerjaan dan hubungan pribadi
  6. Mengembangkan PIKIRAN mereka untuk memberikan penilaian yang diperlukan
  7. Mendengarkan pendapat orang-orang lain


Bidang karir yang cocok untuk seorang INTJ:
  1. Sains
  2. Rekayasa/Teknik
  3. Penemuan baru
  4. Politik
  5. Filsafat


INTP
INTUITIF YANG INTROVERT DENGAN PIKIRAN
(INTROVERTED INTUITION WITH THINKING)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:
  1. Membuat penilaian logis tentang kemungkinan-kemungkinan non-personal
  2. Konseptual dan analitis
  3. Kritis secara obyektif
  4. Berfokus lebih pada gagasan daripada orang di balik gagasan
  5. Lingkaran kecil sahabat-sahabat dekat
  6. Pendiam dan penyegan
  7. Sangat ingin tahu mengenai gagasan-gagasan baru
  8. Menjadi terlalu tenggelam dalam gagasan dan mengabaikan situasi-situasi eksternal
  9. Kerinduan untuk memahami misteri kompleks dari hal-hal yang bukan pribadi
  10. Pada umumnya gampangan (easy-going) dan mudah beradaptasi

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:
  1. Kemampuan menggunakan intuisi mereka
  2. Mengambil pemahaman intuitif dan mengkajinya secara logis
  3. Membangkitkan kemungkinan-kemungkinan yang berjangkauan jauh
  4. Menggunakan logika untuk mengubah kemungkinan menjadi realita
  5. Menggunakan pemikiran konseptual dan analitis
  6. Menggunakan teori dan daya khayal mereka


Orang ini lebih seimbang bila mereka:
  1. Memiliki orang-orang lain di sekitar mereka yang dapat menolong dengan gambaran menyeluruh
  2. Berusaha untuk melihat nilai-nilai dan perasaan orang lain
  3. Tidak menekan nilai-nilai pribadi mereka sendiri
  4. Mencari cara yang tepat untuk mengatasi tekanan
  5. Belajar menyederhanakan argumentasi mereka
  6. Mengembangkan PERSEPSI mereka
  7. Memiliki lebih banyak kontak dengan dunia luar
  8. Belajar menyatakan penghargaan terhadap pekerjaan dan hubungan pribadi
  9. Menyeimbangkan waktu-waktu ekstrovert dan introvert


Bidang karir yang cocok untuk seorang INTP:
  1. Sains
  2. Rekayasa/Teknik
  3. Riset
  4. Matematika
  5. Pengajar
  6. Pemikir abstrak dalam bidang-bidang seperti ekonomi, filsafat dan psikologi
  7. Scholar/ Cendekiawan


ENFJ
PERASA YANG EKSTROVERT DENGAN INTUISI
(EXTRAVERTED FEELING WITH INTUITION)
HARMONIZER

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:
Memancarkan simpati dan persekutuan
Hubungan manusiawi yang harmonis
  1. Bersahabat, bijaksana dan simpatik
  2. Tekun, teliti dan teratur
  3. Dihangatkan karena persetujuan dan peka terhadap sikap masa bodoh
  4. Berkonsentrasi pada sifat-sifat orang lain yang patut dipuji
  5. Kesetiaan terhadap orang-orang yang dihormati, lembaga atau pelayanan
  6. Mengidealkan apa yang mereka kagumi
  7. Kemampuan melihat nilai pada pendapat orang-orang lain
  8. Mudah setuju terhadap pendapat orang lain dalam batas-batas yang masuk akal


Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:
  1. Kesempatan untuk melihat peluang-peluang melampaui apa yang ada saat ini, yang
  2. kelihatan atau tidak kelihatan atau diketahui
  3. Dapat menerapkan minat mereka terhadap buku-buku
  4. Hanya sekadarnya membutuhkan teori
  5. Dapat menggunakan karunia mereka dalam berekspresi, misalnya berbicara di depan banyak orang dari pada menulis
  6. Berbicara dengan orang-orang
  7. Membangun kerja sama
  8. Mendasarkan keputusan pada nila-nilai pribadi


Orang ini lebih seimbang bila mereka:
  1. Memiliki orang-orang pendukung yang mengelola bidang-bidang yang membutuhkan ketelitian fakta seperti akuntansi
  2. Berusaha untuk bersikap ringkas dan professional
  3. Tidak membiarkan sikap-sikap sosial memperlambat mereka dalam pekerjaan
  4. Mengambil waktu untuk memperoleh pengetahuan dari tangan pertama (sumber) tentang seseorang atau situasi sebelum membuat suatu asumsi.
  5. Menghadapi fakta-fakta yang tak dapat disetujui, dari pada mengabaikan masalah-masalah mereka


Bidang karir yang cocok untuk seorang ENFJ:
  1. Pengajar
  2. Pengkhotbah
  3. Penjual
  4. Konseling


ENFP
INTUITIF YANG EKSTROVERT DENGAN PERASAAN
(EXTRAVERTED INTUITITIVE WITH FEELING)
INOVATOR YANG ANTUSIAS
(ENTHUSIASTIC INNOVATOR)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:
  1. Mencari kemungkinan-kemungkinan dan cara-cara baru melakukan berbagai hal
  2. Memecahkan masalah-masalah sulit dengan cara-cara yang sederhana
  3. Mengubah proyek dan peluang-peluang baru demi kreativitas
  4. Kesempatan untuk mengembangkan dan mengilhami potensi dalam diri orang-orang lain
  5. Membangkitkan semangat
  6. Menciptakan lingkungan yang penuh semangat dan motivasi
  7. Mengkaji hal-hal, sementara terus mempertimbangkan pemecahannya
 
Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:
  1. Kebebasan untuk berinovasi dengan proyek-proyek baru
  2. Mengejar minat-minat mereka yang berubah-ubah
  3. Dapat memperoleh penghargaan atas kemampuan mereka
  4. Kebebasan dari kendali dan hal-hal detil
  5. Mengejar dan menasihati mengenai peluang-peluang


Orang ini membutuhkan orang-orang pendukung yang akan:
  1. Menolong mereka melaksanankan dan menyelesaikan proyek yang telah mereka mulai
  2. Dapat mengambil alih bilamana suatu proyek telah berjalan lancar sehingga mereka dapat mengejar minat-minat baru yang lain
  3. Memperhatikan hal-hal detil yang penting namun tak berhubungan dengan minat mereka yang utama


Orang ini lebih seimbang bila mereka:
  1. Mengembangkan penilaian mereka yang berdasarkan perasaan
  2. Belajar meneruskan dan menyelesaikan apa yang telah mereka mulai
  3. Menyeimbangkan waktu ekstrovert dan introvert mereka
  4. Perasaan introvert mereka berkembang baik


Bidang karir yang cocok untuk seorang ENFP:
  1. Konseling
  2. Pengajar
  3. Seni
  4. Jurnalisme
  5. Sains
  6. Menulis
  7. Penjualan
  8. Periklanan


INFJ
INTUITIF YANG INTROVERT DENGAN PERASAAN
(INTROVERTED INTUITION WITH FEELING)
VISIONER DAN NABI
(VISIONARY AND PROPHET)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:
  1. Intuisi dan pemahaman
  2. Kesempatan untuk bersikap inovatif dengan gagasan baru
  3. Pemecahan masalah
  4. Keharmonisan dan persekutuan
  5. Mahir membujuk orang-orang lain untuk menyetujui dan bekerja sama
  6. Memenangkan penerimaan gagasan-gagasan mereka
  7. Intuisi yang diperkuat oleh perasaan
  8. Memvisualisasikan potensi manusiawi
  9. Menggunakan suatu proses subyektif dalam menimbang dan menerapkan nilai-nilai


Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:
  1. Kemandirian dan kebebasan pribadi
  2. Memimpin orang-orang lain menuju keputusan mereka
  3. Bekerja dengan orang-orang untuk mengembangkan pemahaman dan individualitas

Orang ini lebih seimbang bila mereka:
  1. Mencari hal-hal yang mungkin bertentangan dengan tujuan
  2. Perasaan dan penilaian mereka dikembangkan
  3. Belajar mendasarkan keputusan pada logika
  4. Berdisiplin antara waktu introvert dan ekstrovert

Bidang karir yang cocok untuk seorang INFJ:
  1. Pengajar
  2. Seni
  3. Pelayanan
  4. Sains
  5. Riset dan Pengembangan
  6. Menulis


INFP
PERASA YANG INTROVERT DENGAN INTUISI
(INTROVERTED FEELING WITH INTUITION)
PENCARI DAN PENJAGA NILAI MANUSIA
(SEEKER AND KEEPER OF HUMAN VALUES)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:
  1. Kesetiaan terhadap tugas dan kewajiban yang berhubungan dengan gagasan atau orang
  2. yang mereka pedulikan
  3. Perfeksionisme bila mereka menyukai sesuatu
  4. Mengambil pendekatan yang sangat pribadi terhadap hidup
  5. Menilai segala sesuatu dengan cita-cita batiniah dan nilai-nilai pribadi mereka
  6. Berpegang teguh pada impian ideal mereka dengan keyakinan yang bersemangat
  7. Kesetiaan batiniah dan impian ideal mengendalikan hidup mereka
  8. Enggan membuka perasaan yang terdalam
  9. Toleransi, berpikiran terbuka, pemahaman, fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi dalam masalah-masalah sehari-hari
  10. Sedikut kerinduan untuk mengesankan atau mendominasi
  11. Menghargai mereka yang memahami nilai-nilai dan tujuan mereka

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:
  1. Kesempatan untuk melihat kemungkinan melampaui apa yang ada sekarang, yang kelihatan atau diketahui
  2. Bekerja dalam pekerjaan yang mereka percayai
  3. Berkontribusi pada sesuatu yang meningkatkan pemahaman, kebahagiaan, atau kesehatan manusia
  4. Ada tujuan di balik penghasilan mereka
  5. Karunia berekspresi


Orang ini membutuhkan orang-orang pendukung yang akan:
  1. Menolong mereka melaksanakan dan menyelesaikan proyek yang telah mereka mulai
  2. Dapat mengambil alih bilamana suatu proyek tela berjalan lancar sehingga mereka dapat mengejar minat-minat baru yang lain
  3. Memperhatikan hal-hal detil yang penting namun tak berhubungan dengan minat mereka yang utama


Orang ini lebih seimbang bila mereka:
  1. Tidak menghabiskan terlalu banyak waktu sendirian mengembangkan nilai-nilai yang hanya memiliki potensi yang kecil
  2. Tidak menghabiskan terlalu banyak waktu dalam kegiatan-kegiatan ekstrovert yang menyebabkan mereka menjadi berserakan dan tak teratur
  3. Memiliki seorang pendukung yang dapat menjaga mereka agar tetap berfokus pada tujuan
  4. Dapat menemukan saluran untuk mengekspresikan gagasan-gagasan mereka


Bidang karir yang cocok untuk seorang INFP:
  1. Menulis
  2. Psikologi
  3. Konseling
  4. Mengajar
  5. Literatur
  6. Seni
  7. Sains

Ke 16 Tipe Kepribadian Manajer tersebut ialah :

ISTJ
: Introvert, Sensing, Thinking, Judging ; Tipe ISTJ mempunyai sifat serius, tenang, penuh konsentrasi dan logis. Seorang manajer yang bertipe ISTJ bertanggung jawab penuh dalam pekerjaannya dan segala tugasnya dikerjakan dengan praktis berdasarkan fakta yang ada.

ISFJ : Introvert, Sensing, Feeling, Judging ; Tipe ISFJ mempunyai sifat tenang, ramah, bertanggung jawab, teliti, setia dan baik budi. Tipe ISFJ mengungkapkan seorang manajer yang tekun bekerja untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

ISTP : Introvert, Sensing, Thinking, Perceiving ; Tipe ISTP mempunyai sifat tenang, pendiam dan analitis. Manajer bertipe ISTP merupakan manajer yang melaksanakan tugasnya dengan serius dan teliti.

ISFP : Introvert, Sensing, Feeling, Perceiving ; Tipe ISFP mempunyai sifat malu, sangat ramah, sensitive dan rendah hati. Manajer bertipe ISFP adalah pekerja yang setia, tidak suka berdebat dan sering mengerjakan tugasnya dengan rileks.

ESTP : Extrovert, Sensing, Thinking, Perceiving ; Tipe ESTP mempunyai sifat tidak tergesa-gesa, penerima dan tidak sensitif. Tipe ini mengungkapkan seorang manajer yang tidak “ngoyo” dalam pekerjaan.

ESFP : Extrovert, Sensing, Feeling, Perceiving ; Tipe ESFP mempunyai sifat ramah, tidak suka repot, humoris, dan mudah beradaptasi. Tipe ini menyatakan seorang manajer yang lebih mengutamakan kenyataan daripada teori dalam pekerjaannya.

ESTJ : Extrovert, Sensing, Thinking, Judging ; Tipe ESTJ mempunyai sifat praktis, realistis dan tidak suka berkhayal. Manajer bertipe ESTJ tidak tertarik pada hal-hal yang tidak berguna, senang berorganisasi dan melakukan segala aktivitas.

ESFJ : Extrovert, Sensing, Feeling, Judging ; Tipe ESFJ mempunyai sifat ramah, suka bicara, teliti, dan memimpin. Dalam melakukan pekerjaannya, manajer bertipe ESFJ ini memerlukan keharmonisan dan dukungan semangat. Ia tertarik pada pemikiran yang abstrak.

INFJ : Introvert, Intuitive, Feeling, Judging ; Tipe INFJ ini mempunyai sifat sering memaksa, teliti, sering ikut campur dan tekun. Tipe ini adalah tipe manajer yang tekun bekerja dan terkenal dengan buah pikirannya yang cemerlang.

INTJ : Introvert, Intuitive, Thinking, Judging ; Tipe INTJ mempunyai sifat ragu-ragu, kritis, bebas dan keras kepala. Tipe manajer ini dapat menyalurkan ide, dan pikirannya yang cemerlang dalam pekerjaannya.

INFP
: Introvert, Intuitive, Feeling, Perceiving ; Tipe INFP mempunyai sifat senang mempelajari sesuatu yang baru, ramah dan mudah dipercaya. Tipe ini mengungkapkan manajer tersebut senang bekerja.

INTP : Introvert, Intuitive, Thinking, Perceiving ; Tipe INTP mempunyai sifat tenang, pendiam dan apatis. Tipe ini ialah tipe manajer yang senang melakukan tugasnya berdasarkan teori.

ENFP : Extrovert, Intuitive, Feeling, Perceiving ; Tipe ENFP bersifat antusias, bersemangat tinggi, banyak akal dan imajinatif. Seorang manajer yang mampu melakukan semua tugas yang diberikan kepadanya. Ia dapat membantu memecahkan problem perusahaan.

ENTP : Extrovert, Intuitive, Thinking, Perceiving ; Tipe ENTP ini bersifat cepat dan banyak akal. Tipe ini adalah tipe manajer yang senang berdebat dan mengabaikan tugas yang dianggapnya rutin.

ENFJ : Extrovert, Intuitive, Feeling, Judging : Tipe ini bersifat ramah, populer, dan sensitif terhadap pujian maupun kritik. Tipe manajer ini adalah tipe seseorang yang mau mendengarkan pendapat dan merasakan kesulitan orang lain.

ENTJ : Extrovert, Intuitive, Thinking, Judging ; Tipe ini bersifat ramah, berterus terang, tegas dan berjiwa pemimpin. Ini adalah tipe seorang manajer yang menghargai suatu alasan yang tepat dan masuk akal. Pemecah masalah.