Mengenal Alam Bawah Sadar


Hati-hati dengan kondisi Alam Bawah Sadar anda !!
Tanpa anda sadari Tubuh, Pikiran, dan Perasaan anda selama ini terganggu dan kurang sehat dikarenakan anda disorder pada Alam Bawah Sadar anda. Bila hal ini tidak dibenahi dalam waktu dekat maka perasaan anda akan segera menempel ke pikiran. Apabila ini telah terjadi maka seluruh operasi pikiran dikuasai oleh perasaan.

SEGERA PULIHKAN ALAM BAWAH SADAR ANDA
Anda tahu tidak mengapa orang bisa gila dan bisa bunuh diri ??
Karena pikiran dan perasaannya sudah rusak. Ia tidak lagi berpikir dan merasa secara normal, yang menguasainya adalah Alam Bawah Sadarnya.
Hati-hati…sebelum Jiwa (pikiran dan perasaan) anda rusak, segera pulihkan.
BAYANGKAN DIRI ANDA JAUH LEBIH BAHAGIA, TENANG, SEHAT, DAN SANGAT BERSEMANGAT


Kita pernah menyaksikan ada seseorang berjalan diatas pecahan kaca. Bukan sihir, bukan pula sulap. Atraksi ini dilakukan seseorang tanpa sadar. Inilah yang dikenal dengan hipnotis. Kondisi mental, dimana seseorang menjadi sangat fokus ke dalam pikiran alam bawah sadar yang bekerja lebih dominan.
Siapapun bisa dihipnotis dan belajar menghipnotis, asal bersedia dan ada kemauan. Hipnosis atau hipnotis, berasal dari kata Yunani, hypnosa yang berarti tidur. Hipnotisir atau si penghipnotis, harus mampu membuat subyek berkonsentrasi dengan cara memperdalam pikiran orang tersebut.
Hipnotis adalah upaya memasukkan sugesti ke alam pikiran seseorang melalui percakapan bernada monoton, menggerakkan bandul di depan subyek, atau dengan menghitung mundur.
Seseorang yang gampang tersugesti, biasanya mudah pula terhipnotis. Begitu pula dengan mereka yang memiliki IQ tinggi atau punya tingkat konsentrasi tinggi, akan mudah diarahkan. Pada saat proses memasuki alam pikiran seseorang, otak kiri yang punya kemampuan menganalisa dan berhitung, kemampuannya perlahan turun.
Sedang otak kanan yang memiliki kemampuan untuk berkreasi, berimajinasi dan bermimpi, begitu menerima perintah baru, langsung diserap tanpa menganalisa lebih dulu. Setiap orang dapat mempelajari hipnotis dengan mudah, hanya dalam hitungan beberapa jam, seseorang bisa menguasai ilmu dasar hipnotis.
Hipnotis, kini banyak pula dimanfaatkan sebagai terapi berbagai penyakit yang berhubungan dengan pikiran atau sugesti. Seperti phobia, stress hingga depresi, kecanduan obat dan perokok berat. Masa kesembuhan bergantung pada berat tidaknya masalah kesehatan yang diderita pasien.
Hipnotis, sebenarnya murni kemampuan persuasif seseorang untuk mengendalikan alam bawah sadar orang lain. Sayangnya, hipnotis kerap disalah gunakan untuk melakukan kejahatan. Padahal jika dimanfaatkan dengan benar, terapi masalah psikis melalui kendali alam bawah sadar, dengan menggunakan hipnotis menjadi lebih efektif.(Idh)

Perhatikanlah:

1. Masa depan lebih penting dari masa lalu, Diriku sekarang lebih penting dari semua sejarah “penderitaan” masa lalu

~ Apa yang sebenarnya merongrong anda di dalam jiwa? Kebanyakan adalah memory-memory masa lampau yang sebenarnya hanyalah sebuah hiasan hidup, suatu saat baru anda dapat mengerti bahwa semua itu memang harus terjadi. Tak ada seorangpun yang telah matang tanpa melalui proses “dipanaskan”. Apapun yang telah terjadi di masa lalu tertuju pada satu kepentingan, yaitu diri anda di masa sekarang. Diri anda sekarang memang lebih penting dari masa lalu, terlebih lagi diri anda di masa depan. Memang demikianlah seharusnya bahwa anda menghargai tujuan hidup anda yaitu masa depan.

2. TAK ada manusia yg mau salah. Katakan ini berkali-kali hingga dirimu tenang, disaat sedang kecewa pada orang lain.

~ Apa yang anda rasakan disaat ada orang yang telah menjahati anda? Tentunya marah dan kesal bukan? Ok..mohon dijawab..kira-kira apa dasar yang paling mendasar dari rasa marah dan kesal itu? Bila mau jujur sebenarnya ada harapan dalam diri kita untuk selalu mengharapkan semua keadaan sempurna. Tahukah anda bahwa bila ada seseorang yang bersalah sesungguhnya ini adalah bentuk ketidakberdayaan. Pada prinsipnya, tidak ada satu orangpun yang hidup di dunia ini ingin salah atau melakukan hal negatif. Mindset yang tepat seperti ini akan memberikan rasa tenang luar biasa dan sekaligus memperbantukan diri anda untuk mudah memaafkan orang lain. Untuk lebih mudah mendalami ini, mohon rasakan apa yang terjadi di hati anda ketika baru saja anda melakukan sebuah kelalaian. Apa yang anda rasakan? Merasa Bersalah? Merasa Menyesal kok kesampaian melakukannya? Iya dua duanya benar. Ketenangan akan langsung anda rasakan bila anda sanggup mengerti bahwa sesungguhnya tidak ada satu orangpun mau berbuat salah. Saat anda mampu mengerti ketidakberdayaan orang lain maka pada saat yang sama anda juga bisa memaafkan diri sendiri ketika anda sendiri berbuat kelalaian.

3. Tingkat Pencerahan Jiwa paling Mulia bermula dari 1 titik : “SAYA merasa lemah”.

~ Dalam teori motivasi dinyatakan bahwa semua orang harus berpikir positif dan antusias, tidak boleh berkata lemah atau gagal dan semacamnya. Namun tahukah anda, ketika anda merasa lemah bukan berarti mengharapkan lemah. Dalam ilmu filsafat dinyatakan bahwa kesadaran akan kelemahan ternyata adalah langkah awal untuk memperoleh kemuliaan dalam berpikir dan bertindak. Bahaya terbesar dalam kejiwaan adalah ketika anda tidak sadar bahwa anda lemah. Sadar akan kelemahan sesungguhnya memicu banyak langkah-langkah besar dalam hidup anda. Sadar bahwa diri anda lemah membuat anda terus menerus mengejar kekuatan yang perlu anda miliki. Sadar akan kelemahan membuat anda terus menerus belajar, ikut seminar, beli buku, berkenalan dengan orang-orang hebat dan lain sebagainya.

4. Bahwa saya sedang menderita. So What Gitu Loh. Bila saya tahu bahwa hal itu memang harus terjadi. Kematangan adalah BluePrintku

~Sungguh sadarilah hal ini, bahwa sebenarnya masalah anda bukanlah masalah, masalah sesungguhnya terdapat di keengganan anda untuk menghadapi masalah. Bahwa akhirnya anda tahu ternyata masalah-masalah yang telah terjadi telah mematangkan anda dan sampai pada titik yang sangat sukses. Nah, anda mungkin akan menyesali sikap hati anda dulu waktu masih “menolak” masalah. Kesadaran bahwa apa yang terjadi memang harus terjadi membuat tidak diperlukan lagi kata beban dalam perbendaharaan kata manusia. Beban baru menjadi beban bila masih terdapat ketidakikhlasan, tidak ikhlas adalah kondisi dimana anda masih mempertanyakan mengapa hal itu harus terjadi.

5. Sadar akan lemahnya Saya sebagai manusia, membuat saya tak sanggup menyalahkan orang lain,TUHAN yang paling berHAK pun tak mau melakukannya.

~  Menyalahkan adalah hal yang paling sering manusia lakukan, padahal bila mau jujur sesungguhnya keadaan tak pernah menjadi lebih baik dengan menyalahkan. Anda hanya akan menemukan diri sedang berada pada masalah tambahan berikutnya. Banyak orang sedang mengambil alih Haknya Tuhan untuk soal menghakimi. Bila anda tidak mau dihakimi mohon jangan menghakimi, meskipun seolah-olah memang anda yang jadi korban. Tapi ingatlah bahwa anda menjadi korban itu pun memang harus terjadi.

6. Sesungguhnya untuk merasakan Bahagia anda tak perlu bayar apa-apa, Gratis! Untuk Tak Bahagia anda belum tentu bisa bayar

~ Kurikulum pendidikan formal JIKA-MAKA telah membentuk doktrinasi yang sangat kuat mengenai sebab akibat. Semua hal kemudian dibahas dalam kajian JIKA MAKA. Sehingga di alam bawah sadar banyak orang tertera sangat kuat “SAYA BARU BAHAGIA BILA….” Apalagi “SAYA HANYA BAHAGIA BILA….” Wahhh tidak terbayang orang yang punya self talk seperti ini tentunya agak kurang mudah untuk lolos dari seleksi kehidupan. Pembahasan ini sesungguhnya berkaitan dengan Belief System yang telah dibentuk dan terus dibangun. Tahukah anda bahwa sesungguhnya bahagia itu sendiri adalah tanpa syarat.
Program ulang jiwamu untuk dapat dengan mudah menjadi bahagia tanpa harus terjadi suatu kondisi tertentu. Dengan mudah anda bisa mengerti ini, bahwa anda menjadi bahagia meskipun bukannya bahagia karena. Seolah-olah banyak orang masih merasa bahwa untuk menjadi bahagia itu sulit, seperti harus bayar harga mahal. Buang semua mindset seperti Kaya adalah Bahagia, Punya mobil baru bahagia, dihargai orang lain membuat merasa bahagia. Semua hal ini adalah tidak tepat sebab sesungguhnya Bahagia adalah disaat anda menyadari bahwa anda ada dan diri anda penting.

7. PAGI ini berikan dirimu kesempatan SEKALI lagi 

Setiap hari selalu ada nuansa yang baru dan penting bagi dirimu. Menjadi tidak adil bila hari ini menjadi rusak karena sentimen negatif terhadap hari kemarin. Setiap pagi adalah permulaan, anda perlu menghargai kenyataan ini. Hari ini ada untuk anda memperbaiki hari kemarin.

8. MULIAKAN Hidupmu dengan mengambil kendali atas Perasaanmu. BUKAN sebaliknya

Apa yang anda rasakan setelah marah? Lega? Mungkin iya, namun sadarkah anda bahwa dalam hitungan detik ada perasaan lain yang juga muncul yaitu merasa hina. Perasaan hina ini muncul sebab anda merasa seperti menyangkal diri, menolak diri. Marah adalah salah satu cara untuk membohongi diri. Bila anda sadar bahwa diri anda sangat suci, maka anda akan sangat malu atau tidak berani untuk marah. Memegang kendali atas perasaan hanya bisa dilakukan oleh seseorang yang “telah” selalu menyadari akan kesuciannya. Hakikat paling utama dalam manajemen emosi sesungguhnya adalah bahwa manusia sebenarnya yang memegang kendali atas perasaannya, bukan sebaliknya.
Pikiran tak hanya terkait pembagian otak secara fungsional , tapi juga pembagian berdasarkan aspek kesadarannya. Umumnya kita hanya memanfaatkan pikiran sadarnya yang memiliki kekuatan hanya 12 persen dari keseluruhan kekuatan pikiran. Pikiran sadar inilah yang biasa kita maksud ketika menyebut sedang menggunakan otaknya. Sedang yang 88% lainya merupakan kekuatan bawah sadar yang secara umum muncul dalam bentuk perasaan.
Di perbatasan pikiran sadar dan bawah sadar ada filter yang disebut Reticular Activating System (RAS). Filter ini sangat dibutuhkan untuk melindungi kita dari informasi yang tidak diperlukan maupun untuk pintu keluar/masuk untuk menyimpan dan menghapus rekaman informasi di bawah sadar.
Kapasitas pikiran bawah sadar atau perasaan yang 88% bersarnya ini sering tak dimaksimalkan dengan baik. Kebanyakan dari kita terpaku dengan pikiran sadar yang kapasitanya hanya 12%. Selama ini, karena keterbatasan informasi, bawah sadar sering keliru difungsikan-nya, karena dibiarkan pasif hanya untuk menampung rekaman memori, kebiasaan, nilai-nilai sosial dan doktrin yang terakumulasi sejak kecil lewat proses pendidikan dan pengajaran yang selama ini kita terima. Jadi berhati-hatilah kepada para pembaca ketika anda menakuti anak anda dengan hantu yang bergentayangan di dalam kegelapan. Anak anda yang pada awalnya, tidak punya konsep hantu dan ketakutan tiba-tiba berubah menjadu takut gelap karena khawatir akan menemui hantu di dalam kegelapan. Informasi “gelap yang menakutkan karena ada hantu”itu karena secara otomatis tersimpan dalam pikiran bawah sadar, sehingga sampai dewasa pun ia akan takut pada kegelapan. Lalu muncul pertanyaan bagaimana cara kita untuk mengefektifkan kekuatan alam bawah sadar. Untuk melakukannya anda harus sering berada pada posisi alfa, dimana pada posisi anda merasa nyaman, rileks, santai dsb.
Secara rinci gelombak otak alfa dapat dilihat pada bagan dibawah ini.
Alpha 8 – 13.9 Hz -Khusyu, relaksasi, mediatif, focus-alerness, superlearning, akses nuran bawah sadar. Ikhlas, nyaman, tenang, santai, istirahat, puas, segar, bahagia, dsb
Alfa merupakan gelombang otak yang sangat mempengaruhi kekuatan bawah sadar kita. Orang yang sedang rileks, melamun, atau berkhayal gelombang otaknya berada dalam frekuensi ini. Kondisi ini merupakan pintu masuk atau akses ke perasaan bawah sadar. Sehingga otak akan bekerja lebih optimal. Tanpa gelombang otak ini, jangan bermimpi bisa masuk ke perasaan bawah sadar. Anak-anak, balita gelombang otaknya selalu dalam keadaan alfa. Itu sebabnya mereka mampu menyerap informasi secara cepat. Dalam kondisi ini, otak memproduksi hormon seotonin dan endorfin yang menyebabkan seseorang merasakan nyaman, tenang, bahagia. Hormon ini membuat imunitas tubuh meningkat, pembuluh darah terbuka lebar, detak jantung stabil, dan kapasitas indra kita akan meningkat.selama anda dalam keadaan seperti ini maka lama kelamaan kekuatan bawah sadar anda akan muncul dengan sendirinya.

Kekuatan Pikiran Bawah Sadar

“Pemborosan yang paling besar adalah di tanah pekuburan, karena mati sebelum dapat mengoptimalkan seluruh potensi.”
– Andrew Ho –
Manusia memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menciptakan mahakarya. Kekuatan terbesar dalam diri manusia itu terdapat pada pikiran. Tetapi kita jarang membuktikan kekuatan pikiran tersebut, sebab kita sering terjebak dalam zona nyaman atau kebiasaan tertentu.
Sehingga selamanya tidak dapat mencari kemungkinan yang lebih baik atau perubahan nasib yang berarti.
Oleh karena itu milikilah target yang lebih tinggi untuk merangsang kekuatan dalam pikiran tersebut. Sebab target atau sasaran baru yang dipikirkan itu akan menggerakkan diri kita untuk melaksanakan tindakan. Apalagi jika diyakini target tersebut bakal tercapai, maka diri kita akan lebih siap menghadapi tantangan yang ada.
Setelah tindakan-tindakan baru yang lebih konstruktif dikerjakan hingga berulang-ulang, maka tanpa disadari kita sudah banyak melakukan hal-hal penting hinga kita tiba di zona baru, dimana kita berhasil mencapai target yang didambakan. Itulah mengapa dikatakan bahwa manusia mempunyai potensi yang sangat besar dalam pikiran bawah sadar. Kekuatan pikiran bawah sadar itu dapat dibangkitkan melalui 2 cara, yaitu: autosuggestion dan visualization.

I. Autosuggestion
Keinginan-keinginan kita merupakan informasi penting untuk pikiran bawah sadar. Sebab keinginan yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadar sangat besar dapat menjadi daya dorong yang akan menggerakkan diri kita untuk berbuat sesuatu yang luar biasa. Keinginan yang sangat besar dan terekam dalam pikiran bawah sadar itulah yang dinamakan autosuggestion.
Autosuggestion seharusnya dilakukan dengan penuh rasa percaya, melibatkan emosi dalam diri, dilakukan penuh konsentrasi terhadap obyek yang positif, dan berulang-ulang. Selanjutnya, pikiran bawah sadar inilah yang akan mendikte gerak-gerik tubuh kita. Kekuatan yang ditimbulkan oleh pikiran bawah sadar itu sangat dahsyat entah digunakan untuk melakukan perbuatan buruk atau baik. Kadangkala niat untuk melakukan sesuatu secara otomatis muncul dari pikiran bawah sadar.
Autosuggestion akan mengetuk kesadaran (heartknock). Karena dilakukan berulang-ulang dan rutin, suatu ketika kata-kata tersebut akan menembus pikiran bawah sadar. Lalu pikiran bawah sadar itupun memompa semangat. Energi itu dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan impian hidup kita. Mungkin kegiatan autosuggestion ini akan dianggap aneh oleh orang lain. Tetapi itulah salah satu cara untuk mengubah diri dari dalam.
Biasakan mendengar pola pikir positif dan melakukan kebiasaan- kebiasaan yang konstruktif. Jadi jangan ragu untuk melakukan budaya- budaya yang potensial, menumbuhkan optimisme dan kreatifitas.
Ada 6 (P) petunjuk dalam melakukan autosuggestion, yaitu;
  • Positive : pada saat melakukan autosuggestion, pikirkan hal-hal yang positif saja.
  • Powerful : lakukan dengan penuh keyakinan sebab dapat memberikan kekuatan untuk  erbuat sesuatu yang luar biasa.
  • Precise : keinginan yang hendak dicapai harus sudah dapat dideskripsikan, karena pikiran bawah sadar hanya bisa menyusun berdasarkan kategori.
  • Present Tense: dalam bentuk keinginan saat ini, bukan keinginan di masa lalu atau akan datang. 
  • Personal : lakukan perubahan positif terhadap diri sendiri terlebih dahulu.


II. Visualization
Bila kita menginginkan sesuatu maka pikiran bawah sadar akan menggambarkan apa yang didambakan itu. Dengan cara memvisualisasikan impian terlebih dahulu, terciptalah banyak sekali karya-karya spektakuler di dunia ini. Marcus Aurelius Antonius, seorang kaisar
Romawi jaman dahulu mengatakan, “A man’s life is what his thought make of it – Kehidupan manusia ialah bagaimana mereka memikirkannya.”
Sesuatu yang selalu divisualisasikan manusia akan mudah terekam dalam pikiran bawah sadar. Lalu muncul kekuatan pikiran tersebut, yang berperan sebagai penghubung antara jiwa dengan tubuh. Sehingga tubuhpun bereaksi dengan mengerahkan seluruh potensi yang sebelumnya tidak pernah digunakan, dalam bentuk kreatifitas atau tindakan.
Memvisualisasikan impian memungkinkan seluruh impian tercapai oleh pikiran bawah sadar.
Tuhan Yang Maha Esa menganugerahkan potensi yang sama besar kepada manusia. Tidak ada ruginya membayangkan betapa berpotensinya diri kita untuk mencapai impian-impian. Berikut ini beberapa langkah dalam memvisualisasikan impian, yaitu:

1. Mendefinisikan impian
Mendefinisikan impian artinya memberikan batasan atau standar akan impian yang hendak dicapai. Kemudian, gambarkanlah semua impian seolah-olah Anda sudah sepatutnya meraih impian tersebut. Meskipun tindakan ini terkesan sederhana, tetapi dari gambaran impian itulah
kita akan mencoba berbuat sesuatu untuk melakukan perubahan dan akhirnya dapat meraih cita-cita.

2. Menentukan target waktu
Dambakan impian itu terwujud sesuai target yang telah ditentukan, sebab impian tanpa target waktu hanya akan menjadi mimpi sesaat. Impian dengan target waktu akan menggerakkan kesadaran untuk tidak segan-segan melakukan perubahan. Maka mulailah dari sekarang, Be the best, do the best, and then let God take care the rest – Jadilah yang terbaik, lakukan yang terbaik, biarlah Tuhan yang menentukan. Potensi yang kita miliki kelihatannya sangat sayang jika tidak dioptimalkan.

3. Melakukan berulang-ulang
Melakukan ulangan artinya mengkondisikan diri kita untuk lebih sering ingat akan impian kita. Jika sering ingat, maka perlahan-lahan impian itu akan tertanam di alam pikiran bawah sadar. Bila pesan sudah diterima oleh SCM (sub-conscience mind), maka dia akan menggerakkan
diri kita untuk menciptakan keputusan atau menjadikan kita lebih kreatif.
Jika impian lebih sering diimajinasikan ternyata dapat melipatgandakan kekuatan dari pikiran bawah sadar. Imajinasi yang diulang-ulang ini akan secara tidak langsung merangsang ilusi akan kenyataan yang luar biasa tentang potensi kita sebagai umat manusia. Sehingga diri kita akan berusaha keras mencapai impian yang divisualisasikan. Begitulah seterusnya kekuatan pikiran bawah sadar bekerja dan dibangkitkan, hingga perubahan besar terjadi dalam diri
kita pada suatu waktu.

Sumber: Kekuatan Pikiran Bawah Sadar oleh Andrew Ho